This site requires JavaScript. This message will only be visible if you have it disabled.

Guest Lecture Series Gas Lift



Artikel Oleh Mulyani Eka Putri





Foto saat pemberian materi GL tentang Gas Lift


Minggu, 22 Maret 2015 bertempat dikampus 2 STT MIGAS Balikpapan IATMI SM STT MIGAS melakukan Guest Lecture Series Hulu dan Hilir yang terakhir. Setelah Guest Lecture pertama dan kedua diadakan yaitu yang bertemakan Explorasi, Teknik Pemboran dan Teknik Reservoir yang spesifik membahas kearah hulu didunia migas.  Guest Lecture yang terakhir ini IATMI SM STT MIGAS mengambil tema tentang Gas Lift yang spesifik kearah hilir didunia migas. Dengan pembicara Bapak Muh. Nadrul Jamal yang berprofesi sebagai well intervention engineer.

Bapak Nadrul menjelaskan bahwa Gas Lift merupakan salah satu bentuk system pengangkat buatan (artificial litf) yang lazim digunakan untuk memproduksikan fluida dari sumur – sumur minyak bumi. Sistem ini berkerja dengan cara menginjeksikan gas bertekanan tinggi kedalam annulus (ruang antara tubing dan casing), dan kemudian kedalam tubing produksi sehingga terjadi proses aerasi yang mengakibatkan berkurangnya berat kolom fluida dari lubang sumur menuju fasilitas produksi. Setelah menjelaskan panjang lebar permasalah Gas Lift, Bapak Nadrul membuka sharing season untuk seluruh peserta Guest Lecture yang berjumlah kurang lebih 60 orang yang khusus kepengurusan dan member IATMI SM STT MIGAS yang ada dikampus, dengan tujuan agar seluruh perserta lebih memahami dan lebih akrab dengan pembicara maupun dengan sesama anggota.
           Guest Lecture berjalan dengan lancar dan semua perserta maupun panitia cukup memahami materi yang di sampaikan oleh pemateri. Dan dengan berakhirnya Guest Lecture bertema tentang Gas Lift ini, maka program kerja IATMI SM STT MIGAS tentang Guest Lecture Series berakhir. Semoga semua peserta, keanggotaan dan member IATMI SM STT MIGAS mendapatkan ilmu yang bermanfaat dari program kerja kami.



Foto penyerahan momento kepada Bapak. Muh. Nadrul Jamal dari Wakil Ketua IATMI SM STT MIGAS