This site requires JavaScript. This message will only be visible if you have it disabled.

Semarak Petroforia 2014

Petroforia 2014

Petroforia merupakan acara tahunan IATMI SM STT MIGAS Balikpapan yang diselenggarakan setiap tahunnya dan saat ini sudah berjalan selama 4 tahun. Petroforia adalah program kerja IATMI SM STT MIGAS yang merupakan event tahunan yang terbesar dan meriah di STT MIGAS Balikpapan. Event ini diusung dengan bekerja sama dengan beberapa Perusahaan Oil and Gas yang berada di Kalimantan Timur, para sponsor, Perguruan Tinggi di Kalimantan Timur serta organisasi Perminyakan dan Himpunan yang berada di STT MIGAS. Setiap tahunnya Petroforia memberikan wadah bagi mahasiswa perminyakan agar dapat mengembangkan diri dengan mengikuti rangkaian lomba yang diadakan oleh IATMI SM STT MIGAS. Pada tahun ke-4, IATMI SM STT MIGAS mengangkat tema; “Membangun Semangat Pemuda dalam Meningkatkan Kreativitas dan Inovasi Eco-EnergyDemi Masa Depan Indonesia yang Lebih Baik”. Rangkaian event yang terdapat pada Petroforia terdiri dari Seminar Technology, I-Talk, Art Expo, Smart Student Competition, Student  Paper Contest, Oil and Gas Industry Design Competition dan Petrogreen 2014. Petroforia dilaksanakan pada tanggal 24 dan 25 Mei 2014 dan rangkaian event terakhir kami Petrogreen dilaksanakan pada tanggal 8 Juni 2014.
Petroforia dibuka pada tanggal 24 Mei 2014 yang ditandai dengan eventStudent Paper Contest dan Seminar I-Talk. Acara ini diadakan di Aula Pemerintahan Kota Balikpapan  (Pemkot). Dimana acara ini diawali dengan pemukulan gong yang dilakukan oleh Ketua IATMI Pusat, Bapak Bambang Ismanto selaku sebagai narasumber I-Talk. Setelah pemukulan gong rangkaian event Student Paper Contest pun dimulai. Student Paper Contest diadakan dengan harapan event ini dapat menambah minat para mahasiswa STT MIGAS Balikpapan untuk menghasilkan ide-ide atau penemuan-penemuan yang dapat mengembangkan teknologi yang dapat membantu masyarakat. Kemudian dilanjutkan dengan Inspiring Talk (I-Talk) dengan pembicara Bapak Bambang Ismanto yang menjabat sebagai President of Society of Indonesian Petroleum Engineer dan VP Reservoir Development Asia Pacific Region, BP  sekaligus sebagai ketua IATMI Pusat dan sebagai moderator untuk Inspring Talk dipimpin oleh Bapak Andy Jumardi. Sebagai narasumber Beliau berbagi informasi dan menceritakan pengalaman hidupnya serta membahas dengan tema “Membangun Sumber Energi Untuk Optimisasi Sumber Daya Manusia (SDM) di Industri Migas yang Lebih Baik Demi Indonesia”.
Pada tanggal 25 Mei 2014 Petroforia dilanjutkan dengan Seminar Teknologi (SemTec), Art Expo, Oil and Gas Industry Design Competition (OGIDC) dan Smart Student Competition, tak lupa pula diisi bazar makanan dan pernak pernik khas Kalimantan. Seminar Teknologi mengusung tema “Krisis Energi”. Dimana pada seminar ini membahas masalah kelangkaan krisis energy pada industry PLN dan pemateri pada seminar ini diisi langsung oleh PT PLN Kota Balikpapan yaitu Bapak Muhammad Fatur Arifin. Seminar ini dibuka untuk kalangan masyarakat umu di Kota Balikpapan. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan penilaian Art Expo dan Oil and Gas Industry Design Competition (OGIDC). Art Expo merupakan lomba mading pelajar tingkat SMP di seluruh Kota Balikpapan. Dimana Art Expo merupakan sub acara Petroforia yang pertama kali di adakan pada Petroforia tahun ini. Oil and Gas Industry Design Competition merupakan sub acara petroforia yang sudah berjalan dari tahun sebelumnya, dimana pesertanya merupakan khusus seluruh mahasiswa STT MIGAS Balikpapan. Pada kali ini para peserta tidak hanya terfokus pada desain rig namun peserta juga dapat membuat desain surface facility. Kemudian dilanjutkan dengan Smart Student Competition, dimana pesertanya merupakan mahasiswa STT MIGAS Balikpapan yang terdiri dari angkatan 2012 dan 2013. Juri Smart Student Competition merupakan juri-juri yang sangat baik dibidangnya. Setelah itu di akhir event Petroforia 2014 ialah pengumuman seluruh pemenang yang telah mengikuti kompetisi. Rasa syukur kami yang tak ada habisnya karena Petroforia 2014 dapat berjalan dengan lancar dan baik. Semua tak lepas dari peran seluruh para sponsor, pihak-pihak yang mendukung, Kampus STT MIGAS Balikpapan, para alumni IATMI SM STT MIGAS, Bapak Bambang Ismanto  dan tak lupa seluruh pengurus IATMI  SM STT MIGAS yang menyumbangkan segala tenaga, pikiran bahkan waktunya untuk mempersiapkan Petroforia 2014. Salam IATMI, BANGGA SEBAGAI IATMI!