This site requires JavaScript. This message will only be visible if you have it disabled.

Inti Batuan (Core)


[ I - NEWS ]

Hallo Future Engineer!! 🙋‍♀
Kali ini ada materi tentang Inti Batuan (Core), yuk disimak materinya 😉

Core adalah sampel atau contoh batuan yang diambil dari bawah permukaan dengan suatu metode tertentu. Core umumnya diambil pada kedalaman tertentu yang prospektif oleh perusahaan minyak atau tambang untuk keperluan lebih lanjut. Data Core merupakan data yang paling baik untuk mengetahui kondisi bawah permukaan, tapi karena panjangnya terbatas, maka dituntut untuk mengambil data-data yang ada secara maksimal.

Data yang diambil meliputi jenis batuan, tekstur, struktur sedimen dan sifat fisik batuan itu sendiri. Selain itu juga dapat mengetahui harga porositas, permeabilitas, dan saturasi fluida yang terkandung dalan batuan tersebut. Tekstur dan struktur batuan sedimen dapat menggambarkan sejarah transportasi pengendapan, energi pembentukan batuan tersebut, genesa, arah arus, mekanisme transportasi dan kecepatan sedimen tersebut diendapkan. Sehingga dari faktor-faktor tersebut dapat ditentukan fasies sedimen dan lingkungan pengendapannya.

Core dibagi menjadi 2, yaitu:
a. Conventional core, yaitu Core yang diambil bersamaan dengan proses pemboran.
b. Sidewall core, yaitu Core yang diambil pada saat melakukan wireline logging.

Alasan utama dilakukannya pengambilan data Core di lapangan yaitu:
a. Keperluan startigrafi, dimana perusahaan minyak akan mengambil data formasi Core pada daerah development well
b. Keperluan analisis ada tidaknya kandungan hidrokarbon pada formasi tersebut, dimana perusahaan minyak akan mengambil data core pada daerah yang belum terbukti ada kenampakan hidrokarbonnya. (wild cat atau exploratory).

Sekian materi tentang Inti Batuan (Core). Semoga bermanfaat dan menambah ilmu serta pengetahuan teman-teman semua, jika ada yg ingin ditanyakan langsung saja tanyakan di kolom komentar yaa. 

Ikuti akun sosmed IATMI dibawah ini yaa untuk update seputar informasi dari IATMI ☺️
📲 Line : @kwq5830i
📲 Instagram : http://instagram.com/iatmismsttmigas
📲 Website : iatmismsttmigas.org

#SalamIATMI
#BanggaSebagaiIATMI
#LETSBEUSEFUL