This site requires JavaScript. This message will only be visible if you have it disabled.

Teknik Produksi



Hello gengs kali iini kita akan memberikan sedikit info tentang teknik produksi di dunia migas. Tujuan utamanya adalah untuk  memperlajari tentang  dasar – dasar teknik produksi minyak dan gas bumi mengenai energi alir  dari suatu resevoir sampai ke permukaan.

Sebelum itu kita harus memahami dulu apa arti dari produksi, produksi adalah salah satuu proses pengangkatan crude oil ( Minyak dan gas bumi) dari subsurface (bawah permukaan) sampai ke surface (permukaan). Proses produksi sangat berkaitan dengan laju alir suatu minyak dan gas bumi yang  mengalir dari reservoir sampai kepala sumur. Nah di proses produksi kita mengenal tiga metode  saat pengangkatan minyak dan gas bumi ke permukaan yang dipengaruhi oleh tekanan dan suhu dari suatu formasi. Yaitu sebagai berikut :

1. Primary Recovery, adalah suatu keadaan laju alir yang masih memanfaatkan tekanan alami  (Natural flow) dari suatu formasi reservoir. Biasanya metode ini terjadi saat pertama kali suatu sumur di produksi sehingga tekanan pada sautu formasi masih sangat memungkinkan untuk mengangkat suatu minyak dan gas bumi kepermukan dengan memanfaatkan tekanan dari suatu formasi reservoir dalam jangka waktu tertentu. Primary recovery terbagi menjadi dua yaitu : Natural flow dan artificial lift.

2. Secondary Recovery adalah suatu keadaan dimana tekanan suatu formasi reservoir tidak lagi memungkinkan untuk mengakat minyak dan gas bumi ke permukaan biasanya dalam keadaan ini petroleum engineer akan melakukan sesuatu untuk  membantu mengakat minyak dan gas bumi ke permukaan tanpa mengubah keadaan fisik minyak dan gas bumi dan keadaan fisik suatu formasi. Secondary recevory ada beberapa jenis diantaranya :

- Water atau gas injeksi, merupakan suatu metode pengangkatan minyak dan gas bumi ke permukaan dengan menginjeksikan air atau gas kedalam suatu formasi reservoir melalui sumur injeksi (sumur bantuan). Metode ini memanfaatkan air atau gas  sebagai media untuk mempertahankan tekanan di suatu formasi reservoir minyak dan gas bumi.

3. Tertiary recovery adalah suatu metode pengankatan minyak dan gas bumi ketika metode primary dan secondary tidak lagi memungkinkan untuk mengakatan minyak dan gas bumi kerpemukaan. Pada metode ini kita memanfaatkan suatu zat yang dapat merubahan keadaan fisik suatu crude oil pada formasi reservoir atau yang biasa disebut dengan Enhaced Oil recovery.  Contohnya adalah sebagai berikut :

- Steam injeksi, menginjeksikan uap panas pada formasi reservoir.

- Chemical injeksi, menginjeksikan zat kimia pada suatu formasi reservoir.

baik gengs mungkin sekian dari ilmu dasar produksi kali ini.

Ikuti akun sosmed IATMI dibawah ini yaa untuk update seputar informasi dari IATMI ☺️

📲 Line : @kwq5830i
📲 Instagram : http://instagram.com/iatmismsttmigas
📲 Website : iatmismsttmigas.org

#SalamIATMI
#BanggaSebagaiIATMI
#LETSBEUSEFUL