This site requires JavaScript. This message will only be visible if you have it disabled.

PETROCLASS : Mengenal Prinsip Stratigrafi dan Sedimentologi


(kegiatan pembelajaran kegiatan Petroclass)

§SY
Ikatan Ahli Teknik Perminyakan Indonesia (IATMI) SM STT Migas Balikpapan divisi upgrading telah melaksanakan kegiatan Petroclass dengan membawakan topik pembahasan mengenai : “Prinsip Stratigrafi dan Sedimentologi” yang ditujukan kepada anggota IATMI angkatan 2018 yang bertempat diruang C-204 kampus STT Migas Balikpapan, Jumat (8/3).

Kegiatan tersebut dimulai pukul 19.00 – 21.00 WITA dan diisi oleh tiga pemateri yang merupakan anggota IATMI angkatan 2017 yaitu Dwi Prasetyo, Ainul Anisa Temongmeredan juga Ahmad Zakaria.

Ketua divisi upgrading, Fiktorius Kevin menyampaikan bahwa Petroclass merupakan salah satu program kerja yang rutin diadakan tiap minggunya oleh divisi upgrading, yang bertujuan untuk membantu mahasiswa ataupun mahasiswi STT Migas yang merupakan anggota internal IATMI dalam menambah pengetahuan dan wawasan mengenai materi perkuliahan seputar dunia perminyakan sehingga diharapkan dapat meningkatkan kualitas anggota IATMI itu sendiri khususnya dalam bidang akademik.

 “Tujuannya(Petroclass) kali ini agar pengurus IATMI SM STT Migas bisa mendapat ilmu tambahan tentang Prinsip Stratigrafi dan Sedimentologi sehingga ketika belajar dikelas bisa lebih aktif lagi” tuturnya.

Untuk Petroclass yang diadakan kali ini membahas beberapa materi mengenai Prinsip Stratigrafi dan Sedimentologi yang meliputi Hukum-hukum stratigrafi, menentukan korelasi atau hubungan stratigrafi antar lapisan batuan seperti litostratigrafi, kronostratigrafi dan biostratigrafi, dan masih banyak lagi. Tak lupa juga peserta diberikan latihan soal berupa gambar, dengan tujuan agar peserta tidak hanya sekedar mendengar atau mencatat materi yang diberikan tetapi juga mampu menjelaskan kembali materi yang mereka dapatkan.

Salah satu mahasiswa STT Migas, Betania selaku peserta yang mengikuti Petroclass ini mengungkapkan pengalamannya, bahwa adanya kegiatan ini sangat menyenangkan dan juga bermanfaat bagi mereka.

“Saya merasa sangat senang bisa mengikuti kegiatan tersebut,karena dengan mengikuti Petroclass pengetahuan saya lebih bertambah khususnya dalam bidang stratigrafi. Senior yang menyampaikan materi tersebut juga memberi penjelasan materi dengan baik sehingga mudah untuk dipahami” kata Betania.

Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan semua peserta yang mengikuti jalannya kegiatan ini cukup memahami materi yang disampaikan oleh para pemateri. Diharapkan untuk Petroclass yang akan diadakan selanjutnya lebih meningkatkan antusiasme dari anggota IATMI agar lebih semangat lagi dalam menuntut ilmu.